Mengenal Apa Itu Down Syndrome Secara Detail

  • Whatsapp
Mengenal-Apa-Itu-Down-Syndrome-Secara-Detail

Apakah Anda mengetahui tentang down syndrome? Apa itu down syndrome  ? Down syndrome adalah salah satu kelainan genetik yang terjadi pada kromosom seseorang sehingga menyebabkan orang tersebut memiliki kecerdasan pada tingkat rendah dan juga kelainan pada fisiknya. Kelainan down syndrome ini merupakan jenis kelainan yang sudah sering terjadi. Orang yang tengah mengidap kelainan ini biasanya akan memiliki wajah yang sama dan juga bahkan kembar. Dengan penanganan dan juga pengobatan yang tepat, seseorang yang mengalami kelainan ini akan berangsur membaik dan mengalami perubahan yang lebih baik.

Down syndrome sendiri diakibatkan karena adanya pembelahan sel yang menyebabkan bahan genetic tambahan dari kromosom 21 seseorang. Kelainan ini lebih menyebabkan adanya keterlambatan pada perkembangan serta intelektual penderitanya. Faktor yang menyebabkan down syndrome ini salah satunya yaitu karena adanya keturunan. Ketika sebuah keluarga ada yang mengidam down syndrome, maka dapat dipastikan bahwa keturunannya nanti juga akan mengalami hal serupa. Selain itu, ketika hamil dalam kondisi yang cukup tua juga akan menyebabkan resiko kelahiran anak dengan keadaan down syndrome.

Kelainan down syndrome ini biasanya tidak memiliki gejala awal yang terlihat, namun ketika dicermati dengan benar maka gejala munculnya kelainan ini dapat dilihat, seperti yang sangat umum dan mudah ditebak yaitu perubahan fisiknya terutama pada bagian wajah yang menampilkan ciri khas penderita down syndrome di mana kepala akan terlihat kecil, hidung datar, hingga mata yang biasanya akan berubah menjadi sipit.

Down syndrome memang tidak dapat disembuhkan dan dihilangkan. Namun dengan penanganan yang tepat, maka seorang penderita down syndrome akan memiliki hidup yang lebih baik lagi. Berikut beberapa cara penanganan penderita down syndrome agar dapat lebih baik:

1. Fisioterapi

Penanganan jenis ini bermanfaat agar penderita down syndrome dapat mengatur otot-otot pada tubuhnya sehingga ia akan lebih mudah untuk mengatur postur tubuhnya menjadi lebih baik.

2. Terapi bicara

Penanganan jenis ini bermanfaat agar penderita juga dapat mempelajari cara bicara ataupun berkomunikasi dengan baik.

3. Terapi okupasi

Penanganan jenis ini bermanfaat agar penderita down syndrome dapat terbiasa melakukan kegiatan ataupun aktivitas sehari-hari seperti makan, berpakaian, mengangkat hingga meletakkan sebuah benda dengan baik dan benar.

4. Terapi perilaku

Penanganan jenis ini bermanfaat agar penderita down syndrome dapat memiliki respond an dapat merespon sesuatu dengan baik dan juga positif. Penanganan ini juga mengajarkan para penderitanya untuk dapat melakukan perilaku yang baik.

Tentunya terapi tersebut dilakukan oleh perawat medis ataupun dokter spesialis yang khusus menangani kelainan down syndrome. Selain hal tersebut ada baiknya jika sedari kecil penderita down syndrome ini lebih diperhatikan dan juga diajarkan hal-hal yang dapat meningkatkan perkembangannya seperti:

  • Sering mengajak anak untuk bermain dengan teman-teman seumurannya.
  • Mengajari anak untuk selalu mandiri, seperti berpakaian, makan, ke toilet. Hal tersebut agar membuat si anak dapat terbiasa melakukannya sendiri.
  • Sering mengajari anak untuk berbicara.
  • Gunakan mainan kesukaan anak sebagai media pembelajaran agar anak dapat belajar sambil bermain.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu down syndrome dan juga cara yang tepat untuk menanganinya. Jika Anda memiliki anak atau keluarga yang tengah mengalami kelainan tersebut, ada baiknya jika Anda selalu membantu dalam proses perkembangannya dengan sering mengajaknya bermain dan juga mengajarkan hal-hal maupun aktivitas keseharian yang umum sehingga mereka dapat melakukan aktivitas tersebut sendiri sehingga dapat merasakan kehidupan yang normal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *