Inilah 5 Peluang Usaha Generasi Milenial yang Menjanjikan

  • Whatsapp
Inilah-5-Peluang-Usaha-Generasi-Milenial-yang-Menjanjikan

Generasi milenial merupakan sebutan untuk mereka yang lahir pada rentang tahun 1977-1995. Di era sekarang ini, generasi milenial berada pada posisi yang produktif untuk bekerja. Pekerjaan yang digandrungi generasi milenial ialah membuka usaha yang dibangun dari nol. Karena peluang wirausaha dalam rangka perpindahan zaman ke era digital semakin bertambah. Bahkan hampir semua sektor memanfaatkan teknologi untuk mensukseskan usaha sampingan yang kini sedang dirintis.

Peluang Usaha Generasi Milenial

Banyak sekali generasi milenial yang memilih profesi sebagai wirausaha mandiri yang dibangun dari nol. Hal ini tentu sesuai dengan karakter generasi milenial yang bebas, tidak suka terkekang, kreatif, dan lebih suka mengekspresikan diri.

Karakter ini muncul seiring berjalannya zaman yang memanfaatkan teknologi sebagai sumber daya mereka. Di samping itu, generasi milenial lebih suka mengerjakan pekerjaan dimanapun dan kapanpun yang tentunya membuat mereka lebih banyak berinovasi.

Inovasi dan ide kreatif itu dituangkan dalam sebuah usaha yang unik, googly, dan menyenangkan. Bahkan kita mungkin sering melihat usaha-usaha generasi milenial yang penuh dengan mural dan aksesoris lainnya yang menyegarkan mata.

Generasi milenial selalu melihat semua hal dari berbagai sisi agar usaha yang akan dijalankannya berjalan lancar. Oleh sebab itu generasi milenial bisa dikatakan orang yang multitasking. Ketika berbicara tentang peluang usaha generasi milenial, beberapa di antaranya akan diuraikan di bawah ini.

1. Bisnis Kuliner dengan Menu Unik

Dunia kuliner memang sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik serta memiliki sistem yang menyenangkan. Kalau generasi milenial terjun ke dalam bisnis kuliner, biasanya akan memunculkan ide-ide kreatif dan segar untuk menu sajian yang ditawarkan.

Dengan ide mereka terciptalah makanan yang unik yang lahir dari kreativitas generasi milenial. Karena sebelum membuka bisnis kuliner, tentunya mereka menganalisa pasar terlebih dahulu. Sebagai contoh bisnis kuliner yang lahir dari pemikiran milenial ialah thai tea, green tea, sate taichan, dan lain sebagainya.

2. Membuka Bisnis Startup

Bisnis startup sedang naik daun karena didukung oleh zaman yang serba instan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat. Generasi milenial sendiri sangatlah akrab dengan dunia teknologi.

Bahkan hampir semua pekerjaan mereka dituangkan dalam bentuk teknologi. Bisnis startup tentu saja cocok dengan generasi milenial lantaran urusan pemasaran, branding, dan lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media dan internet.

3. Membuka Kafe

Bisnis kafe sudah menjamur di kota-kota besar di Indonesia, sebut saja di Bandung, Jakarta, Surabaya, dan lainnya. Bisnis kafe menjadi salah satu usaha sampingan kaum milenial yang justru memberikan prospek yang menjanjikan. Karena belakangan ini kafe dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda.

Dalam hal ini, bisnis kafe tidak hanya menyajikan menu makanan dan minuman saja, lebih dari itu desain interior dan eksterior perlu dibuat tema unik untuk menarik minat pengunjung yang menyasar anak-anak muda. Upayakan kafe itu dibuat se-instagramable mungkin agar menjadi tempat yang asyik bagi pengunjung untuk berselfie.

4. Mulai Bisnis Afiliasi

Apakah kamu baru mendengar tentang bisnis afiliasi? Bisnis afiliasi itu merupakan sebuah bisnis yang pada dasarnya turut serta membantu memasarkan produk orang lain. Bisnis ini meraup keuntungan dari komisi pemilik produk yang Anda bantu promosikan.

Misalnya kamu mempromosikan produk tertentu di media sosial. Biasanya bisnis ini digandrungi anak muda yang berprofesi sebagai selebgram, vlogger, blogger, dan lainnya yang menggunakan internet dalam pekerjaan sehari-hari.

5. Jasa Fotografi

Bagi generasi milenial yang suka dengan dunia fotografi, tidak ada salahnya menjual jasa kamu untuk memfoto subjek tertentu. Bisnis jasa fotografi ini mulai marak pada tahun 2011 sampai sekarang. Kemudian banyak dari mereka yang memajang hasil jepretan di Instagram yang selanjutnya dijadikan sebagai tempat promosi. Jasa fotografi ini tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak foto tersebut, karena orang-orang akan mengupload-nya di media sosial.

Demikianlah beberapa peluang usaha yang menjanjikan untuk generasi milenial. Peluang usaha di atas mungkin kedepannya akan semakin meningkat dengan memanfaatkan social commerce Indonesia sebagai tempat promosi yang tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *