Ciri-ciri Virus Corona Pada Hidden Carrier, Tidak Terlihat Namun Berpotensi Menyebarkan

  • Whatsapp
Ciri-ciri-Virus-Corona-Pada-Hidden-Carrier-Tidak-Terlihat-Namun-Berpotensi-Menyebarkan
Foto dari Canva Photos Unlimited

Ciri-ciri virus corona memang tampak seperti flu pada umumnya, namun jangan anggap sepele kondisi semacam ini, karena bisa berdampak sangat membahayakan, apalagi ia juga bisa sangat menular kepada orang lain yang ada di sekitar Anda. Tercatat memang angka kematian yang disebabkan oleh virus ini semakin lama semakin tinggi jumlahnya. Bahkan kondisi terburuknya tak hanya menyangkut masalah medis saja, melainkan juga akan memperburuk kondisi ekonomi. Lihat saja krisis yang sudah dialami oleh Indonesia saat ini di dalam menghadapi virus tersebut. Hampir semua kalangan merasakan dampak yang ditimbulkannya.

Virus corona ini sebenarnya adalah mutasi dari virus SARS yang juga pernah menyerang manusia beberapa tahun yang lalu. Hanya saja kondisinya memang tidak separah ini, apalagi langsung ditemukan vaksin untuk tindak pencegahan dan juga obat untuk mengatasinya. Namun pada kasus Covid 19 ini berbeda, karena sampai sekarang ini belum ada vaksin dan juga obat yang teruji ampuh untuk mengobati penyakit tersebut, jadi jangan disepelekan, karena bisa jadi suatu saat nanti Anda yang menjadi korbannya.

Kondisi yang menyebabkan wabah dari virus ini cukup cepat menyebar sebenarnya adalah kebanyakan diantara yang terjangkit adalah anak mudah, mereka termasuk golongan hidden carrier, pembawa namun sebenarnya tidak merasakan gejalanya secara nyata. Lalu sebenarnya bagaimana ciri-cirinya? Berikut ini yang patut untuk diwaspadai, yaitu:

  1. Asimptomatik, ini adalah hidden carrier yang patut untuk diwaspadai, karena sebenarnya mereka membawa virus tersebut, namun tidak menunjukkan gejala yang jelas. Sehingga banyak diantaranya yang terinfeksi dan melakukan perjalanan jarak jauh ke berbagai belahan negara yang lainnya, sehingga membawa dan terus menularkan virus tersebut tanpa disadari.
  2. Kebanyakan diantaranya berusia muda, memang faktanya sendiri carrier dari virus Corona tersebut adalah didominasi oleh anak muda. Mengapa demikian? Karena memang anak muda pada dasarnya memiliki kekebalan tubuh yang kuat, sehingga dengan sendirinya dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh virus tersebut. Jadi sebagian besar memang diduga carrier adalah anak-anak muda, apalagi mereka yang senang melakukan perjalanan.
  3. Memiliki kekebalan tubuh yang kuat, faktanya memang hidden carrier dari virus corona ini didominasi oleh mereka dengan antibody atau kekebalan tubuh yang kuat, sehingga nantinya ia dapat bekerja secara aktif untuk melawan virus tersebut dengan sendirinya. Sehingga tidak akan terlihat jika seandainya orang tersebut terpapar, berbeda cerita dengan orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Karena memang kondisi semacam ini akan membuat tubuh tidak bisa melawan virus ini dan menunjukkan gejala terserang atau terinfeksi.
  4. Kehilangan indera penciuman, sejumlah pasien yang tidak menunjukkan gejala Covid 19 ini nyatanya tetap akan menunjukkan beberapa gejala. Termasuk diantaranya adalah indera penciuman yang mengalami penurunan fungsi. Jadi jika seandainya mengalami kondisi semacam ini sebenarnya ada kemungkinan besar orang tersebut terpapar oleh virus Corona, meskipun memang hanya hidden carrier, tidak sampai merujuk pada kondisi yang cukup parah.

Itulah setidaknya ciri-ciri virus corona pada hidden carrier. Sebagai bentuk untuk mencegah penyebaran virus tersebut berlangsung secara cepat dan juga mematikan. Maka sangat dihimbau kepada masyarakat untuk menerapkan social distancing dan sebisa mungkin ada baiknya untuk tetap berada di rumah dan tidak melakukan perjalanan, jika seandainya memang tidak diperlukan. Pikir-pikir lagi jika seandainya Anda ingin mudik ke kampung halaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *