7 Jenis Kain yang Cocok untuk Mukena Anak

  • Whatsapp
7-Jenis-Kain-yang-Cocok-untuk-Mukena-Anak
Foto dari blibli.com

Mukena merupakan alat shalat yang umum digunakan kaum Hawa di Indonesia. Ada model mukena terusan atau potongan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Selain itu, ada banyak motif dan warna mukena yang semakin menarik di pasaran dewasa ini. Tak hanya orang dewasa saja, mukena anak memiliki motif lebih kreatif dan lucu demi menarik minat anak perempuan belajar ibadah harian.

Pilihan Kain Mukena untuk Anak

Sebelum Anda membeli mukena untuk buah hati tercinta, sebaiknya ketahui jenis kain yang berbahan lembut dan adem sehingga tidak menimbulkan alergi si kecil. Berikut pertimbangan bahan kain yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan lebih detail.

1. Katun rayon

Bahan yang banyak digunakan untuk mukena di pasaran adalah perpaduan katun dan rayon. Kain memiliki kelebihan tidak terawang, tidak panas dan memiliki kesan jatuh. Kain yang agak tebal menjadi pilihan untuk ibadah harian yang nyaman apalagi katun rayon dikenal memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan bahan lain.

2. Katun Jepang

Bahan yang cukup digandrungi banyak orang untuk mukena anak adalah katun Jepang. Kain memiliki sifat menyerap keringat dan tidak panas sehingga memberikan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah. Kelebihan lain dari bahan katun Jepang terletak pada motif, warna yang beragam serta tidak mudah luntur saat pencucian.

3. Katun IMA

Mukena anak hingga dewasa banyak yang menggunakan bahan katun IMA yang terkenal memiliki kualitas premium. Kualitas katun merk IMA lebih bagus dari katun Jepang lokal atau biasa. Ciri katun Jepang IMA memiliki warna polos, serat rapat dan adem digunakan untuk bahan mukena atau busana lain.

4. Katun lokal

Selain katun Jepang, Anda juga bisa mempertimbangkan katun lokal sebagai material mukena. Bahan katun memang lebih mudah menyerap keringat, dingin dan nyaman digunakan untuk ibadah harian. Harga mukena dari bahan katun lokal memang lebih terjangkau dan memiliki motif yang manis-manis. Anda bisa menemukan mukena dari bahan katun lokal di mana saja dengan ragam harga yang bervariasi.

5. Bahan spandek

Hampir mirip dengan katun rayon, bahan spandek yang digunakan untuk mukena memiliki kelebihan tidak terawang, lembut dan serat lebih halus. Namun, kekurangan bahan spandek terletak pada tingkat penyerapan keringat yang kurang bagus.

6. Bahan sutra

Ingin memberikan mukena yang berkualitas pada anak-anak agar ia lebih nyaman belajar ibadah? Mungkin Anda harus mempertimbangkan mukena dari bahan sutra yang terlihat berkilau. Sifat bahan kuat, elastis dan mewah sehingga harga yang dibandrol memang lebih mahal dibandingkan bahan lain.

Mungkin Anda bisa memilih mukena dari bahan sutra untuk anak, namun bisa digunakan untuk momen berharga seperti tarawih, shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Hal ini dikarenakan perawatan mukena dari bahan sutra lebih intensif agar serat kain tidak mudah rusak.

7. Bahan parasut

Bahan parasut cenderung tipis dan mudah dilipat sehingga orang-orang memilih mukena parasut untuk bepergian atau traveling. Sebaiknya tidak memberikan bahan parasut pada anak-anak sebab tidak mampu menyerap keringat dan sedikit panas. Anak-anak bisa merasa gerah saat menggunakan mukena bahan parasut yang memiliki harga lebih murah.

Dari uraian terkait bahan kain yang banyak digunakan sebagai material mukena di atas, sebaiknya pilih bahan yang berkualitas. Dengan memberikan mukena anak yang adem dan nyaman digunakan, maka si kecil akan lebih bersemangat dalam belajar ibadah harian. Yuk, segera pilih motif dan warna mukena yang sesuai dengan keinginan buah hati tercinta Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *